Home » » Sejarah Hipnotis

Sejarah Hipnotis

Apabila anda sering ke perpusatakaan atau juga anda gemar melihat acara televisi yang membahas mengenai seputar dunia kesehatan pada zaman dahulu maka suku-suku primitive pada saat itu sebenarnya sudah mencatat adanya penggunaan teknik hipnotis dalam mengobati pasiennya yang sakit antara lain penyembuhan melalui ritual-ritual dan pembacaan mantra-mantra hal ini mereka yakini dapat menyembuhkan apapun penyakit yang ada dalam tubuh manusia baik penyakit ringan maupun penyakit kronis karena dengan melaksanakan ritual dan pembacaan mantra tersebut mereka meyakini bahwa ada kekuatan penyembuhan yang berasal dari dewa ataupun roh para leluhur mereka yang membantu dalam proses penyembuhan, dan dalam bahasa hipnotis hal tersebut termasuk dalam kategori hypnosis primitife.

Pada perkembangannya hypnosis modern dikembangkan oleh Franz Anton Mezmer (1743-1815) dengan metode penyembuhan yang disebut dengan metode magnetisme. Mezmer mempercayai adanya suatu gelombang magnet dari alam semesta yang dapat disalurkan kedalam tubuh manusia untuk dapat digunakan sebagai sarana peyembuhan penyakit manusia. Dan yang mengejutkan bahwa mezmer mampu membuktikan teori tersebut sehingga ribuan pasiennya berhasil sembuh dengan teori tersebut.

Pada suatu saat mezmer dimintai tolong oleh pasiennya dimana dia terlupa tidak membawa magnetnya, apa yang terjadi?? Dengan menggosok-gosokkan tangannya pada bagian tubuh pasien yang terasa sakit ternyata pasien tersebut dapat sembuh dari penyakitnya, kemudian dengan satu pengalaman tersebut mezmer mengumumkan metode barunya yakni animal magnetisme.

Semua ajaran mezmer sangatlah popular dan berkembang dalam masyarakat, ajaran tersebut dikenal juga dengan paham mazmerisme. Bahkan mezmer pun dapat membuat pasiennya pada keadaan yang mirip dengan tidur seperti umumnya atau disebut pula dengan keadaan mesmeric coma.

Hipnosis berasal dari kata hypnose yang dalam bahasa yunani berarti tidur. Kata ini dipopulerkan oleh Dr. James Braid (1795-1860) yang awalnya tertarik dengan metode yang digunakan mezmer.

Dr. James Braid menyimpulkan bahwa mesmeric coma adalah berasal dari rangsangan panca indera sehingga seluruh tanaga syarafnya berkumpul satu titik pada otak, jika ini terjadi maka dengan mudah tenaga syaraf tersebut dapat dialirkan pada bagian tubuh yang lainnya walaupun hanya dengan perintah-perintah (sugesti) sederhana. Dan atas penemuannya tersebut maka Dr. James Braid dikenal sebagai bapak Hypnosis Modern.

Dalam eBook ini tidak terlalu banyak saya beberkan lagi masalah sejarah hypnosis karena banyak literatur-literatur yang dapat anda temukan pada toko-toko buku didekat anda.

1 komentar:

Hipnoterapi Indonesia mengatakan...

Ternyata sejarah hipnosis tidak seperti yang saya kira berbau mistis

HIPNOTIS SURABAYA

Posting Komentar